Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Membuat Label Buku-Buku Perpustakaan Sekolah

Cara Membuat Label Pada Buku-Buku Perpustakaan Sekolah

Setiap orang yang mencari sesuatu pasti ingin cepat menemukannya. Begitu pula dengan orang yang mencari buku di perpustakaan. Maka perlu adanya label pada setiap buku yang ada di perpustakaan sekolah.

Label pada buku perpustakaan biasanya berbentuk kertas yang ditempelkan pada bagian belakang tengah buku (bisa dilihat pada gambar di atas). Label tersebut bertujuan untuk mengelompokkan buku buku berdasarkan Rak, Nomor urutan buku, dan Pengarang. Sehingga setiap orang mudah mencari dan menemukan tempat dimana buku tersebut berada, berdasarkan label yang terdaftar di katalog buku perpustakaan.

Bagaimana cara membuat label? Berikut kami bagikan untuk Anda:

Pertama, tentukan Nama atau Nomor Rak. Misalnya dalam perpustakaan ada 5 Rak buku, maka harus membuat nama atau nomor Rak sebanyak 5 buah. Sebut saja misalnya Rak 001.

Kedua, tentukan Kategori pada setiap Rak. Misalnya Rak 001 menjadi tempat buku dengan kategori IPA dan IPS. Sehingga menjadi 001 IPA.

Ketiga, buatlah nomor urutan buku. Missal dalam sebuah Rak ada 12 buku dengan kategori IPA, Maka buatlah nomor urut dari 1-12. Sebut saja misalnya 012. Sehingga menjadi 001 IPA 012.

Keempat, tentukan pengarang. Setelah kita membuat nomor Rak, Kategori dan Nomor Urut, maka selanjutnya adalah menuliskan nama Pengarang. Sebut saja misalnya nama pengarangnya Gunawan Moehamad. Kita ambil saja kata GUN. Sehingga menjadi 001 IPA 012 GUN.

Rangkaian label diatas menjadi 001 IPA 012 GUN.

001 merupakan nomor Rak buku dari sekian Rak buku yang ada. Karena di dalam perpustakaan biasanya terdapat banyak Rak buku.

IPA merupakan nama Kategori Buku. Karena di dalam perpustakaan biasanya terdapat banyak kategori buku seperti IPA, IPS, BAHASA INDONESIA dan sebagainya.

012 merupakan nomor urutan letak buku di sebuah Rak. Karena dalam sebuah atau beberapa Rak buku terdapat banyak buku yang harus diberi nomor urutan peletakannya.

GUN adalah nama Pengarang buku. Karena dalam sebuah perpustakaan ada banyak buku dengan pengarang yang berbeda. Sehingga dibutuhkan nama pengarang pada label. 

Dari label di atas ditemukan urutan pencarian buku, mulai dari nomor atau nama Rak, Kategori, Nomor urutan buku dan Pengarangnya. Sehingga setiap pengunjung tidak lagi kesulitan dalam mencari sebuah buku yang mereka inginkan untuk kemudian dibaca atau dipinjam.

Demikian Cara Membuat Label Pada Buku-Buku Perpustakaan Sekolah. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Langkah Membuat Label Buku-Buku Perpustakaan Sekolah"