Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Kerjasama Antar Perpustakaan Sekolah untuk Pengembangan Perpustakaan

Kerjasama Perpustakaan

Kerjasama merupakan strategi pengembangan perpustakaan. Kerjasama adalah salah satu  strategi yang sangat penting untuk mengembangkan perpustakaan sekolah/ madrasah. Sudah menjadi hal yang maklum bahwa dana perpustakaan sekolah/ madrasah masih minim

Kerjasama merupakan solusi yang bisa digunakan untuk membangun perpustakaan sekolah/ madrasah. Tetapi ada beberapa kerjasama yang perlu diketahui oleh para pengelola perpustakaan, antara lain:

Silang Layang
Dalam kategori ini kerjasama yang dilakukan berkisar antara saling meminjamkan pustaka berupa bahan asli atau hanya dengan penyediaan fasilitas reproduksi bahan yang diperlukan baik berupa fotocopy, ataupun bentuk mikro dsb. Bentuk silang layan ini dapat dikembangkan hingga penyediaan jasa oleh masing-masing perpustakaan untuk saling melakukan penelusuran dan pemberian informasi yang dibutuhkan pengguna masing-masing.

Pemakaian ruang baca dan fasilitas lain
Karena keterbatasan pustaka yang dimiliki, sehingga perpustakaan harus lebih mementingkan pengguna dalam rumah tangga sendiri, perpustakaan biasanya hanya dapat mengijinkan pustaka untuk dapat dibaca di ruang baca yang tersedia, termasuk pemanfaatan perlengkapan perpustakaan seperti slide proyektor, video tape dsb.

Pertukaran Data dan Bibliografi
Untuk dapat saling mengetahui koleksi pustaka yang dimiliki oleh masing-masing anggota jaringan, kerjasama pertukaran data bibliografi merupakan suatu bentuk kerjasama yang banyak dilakukan akhir-akhir ini tak terkecuali di Indonesia. Usaha yang dahulu dilakukan secara sederhana dengan saling mengirimkan daftar tambahan buku, sekarang dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dengan dimanfaatkannya komputer untuk melaksanakan tugas-tugas perpustakaan.

Untuk dapat saling membantu pengembangan koleksi pustaka masing- masing, kerjasama dapat dilakukan dengan saling memberikan terbitan lembaga yang bersangkutan. Memberikan copy ekstra ataupun memberikan pustaka yang tidak relevan dengan tujuan dan ruang lingkup pelayanan ke perpustakaan lain yang membutuhkan dapat juga membantu mendaya-gunakan pemanfaatan pustaka semaksimal mungkin.

Melakukan kerjasama perpustakaan merupakan langkah efektif untuk mengembangkan perpustakaan. Pengelola hanya diminta untuk bersinergi dan berkomunikasi dengan perpustakaan lain dan membuat proposal yang dibutuhkan dan membuat aturan-aturan yang disepakati. Tentu semua pihak terkait perpustakaan sekolah/ madrasah harus dilibatkan karena hal itulah kekuataan seperti yang disampaikan Lasa Hs dalam bukunya Manajemen Perpustakaan Sekolah (2007:25), bahwa kekuatan adalah sesuatu yang dimiliki perpustakaan sekolah yang dapat dikembangkan dalam rangka mencapai tujuan perpustakaan sekolah. Perhatian dari pihak-pihak sekolah/ madrasah seperti pimpinan sekolah, potensi orangtua siswa dan pihak lain yang terkait. Tentu masih banyak cara untuk mengembangkan perpustakaan sekolah/ madrasah.

Posting Komentar untuk "Langkah Kerjasama Antar Perpustakaan Sekolah untuk Pengembangan Perpustakaan"