Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Penting! Sekolah Perlu Diberi Tugas dalam Gerakan Gemar Membaca Siswa

Pemberian Tugas Gerakan Gemar Membaca Di Kalangan Pendidikan

Dunia pendidikan selain perlu digalakkan di lingkungan masyarakat, terutama dunia perpustakaan, juga perlu adanya gerakan di wilayah lembaga pendidikan atau sekolah. Karena dunia utama pengembangan pengetahuan bagi anak anak adalah sekolah, dimana mereka mendapatkan pengajaran yang lebih dibanding dalam dunia masyarakat.

Gerakan gemar membaca yang dimaksud di sekolah bisa dilakukan oleh para guru dan kebijakan dari kepala sekolah. Mulai dari penyediaan perpustakaan sekolah, hingga proses penanaman gemar membaca bagi anak-anak atau siswa. Penyediaan perpustakaan bisa dilakukan secara bertahap dari hal terkecil. Awalnya, sekolah bisa menggunakan ruang kelas khusus untuk ruang perpustakaan. Selanjutnya disediakan buku-buku di ruang tersebut, yang bisa didapat melalui pembelian di toko buku, atau melalui distributor buku yang bisa dicari secara online.

Bila sekolah memiliki keterbatasan dana, buku dapat dibeli sedikit demi sedikit. Tetapi bila dana mencukupi, maka buku bisa dibeli dalam jumlah yang banyak melalui distributor buku. Distributor buku saat ini sudah bisa didapatkan secara online/website, termasuk dalam laman pencarian mesin google.

Setelah sekolah memiliki ruang pustaka dan berisi buku, maka sekolah bisa membuat aturan bagi siswa agar mereka membaca sebelum masuk kelas. Setiap siswa wajib membaca dalam rentang waktu 5-15 menit sebelum masuk kelas mata pelajaran.

Bila hal di atas dilakukan dengan penuh rasa rela dan kesadaran, maka dunia lembaga pendidikan akan ikut serta dalam membangun budaya baca masyarakat. Karena sejatinya siswa adalah bagian dari masyarakat dimana mereka tinggal. Sehingga mereka menjadi bagian masyarakat yang berwawasan luas dan berkemajuan.

Maka dari itu, sebaiknya sekolah melakukan hal di atas untuk membantu gerakan minat baca masyarakat. Karena harapan dari setiap orang untuk mengembangkan wawasan mereka adalah sekolah atau perguruan tinggi. Sehingga pemerintah dalam menjalankan kebijakannya tidak berjalan sendiri dan secara berkesinambungan ikut serta memajukan masyarakat Indonesia secara umum.

Demikian  Pemberian Tugas Gerakan Gemar Membaca Di Kalangan Pendidikan. Semoga bermanfaat![]

Posting Komentar untuk "Penting! Sekolah Perlu Diberi Tugas dalam Gerakan Gemar Membaca Siswa"