Kualifikasi Pengelola Perpustakaan Sekolah/ Madrasah

Pengelolaan Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah/ Madrasah
Kita tahu bahwa perpustakaan sangat penting bagi sekolah. Tetapi kenapa banyak sekali sekolah yang memiliki perpustakaan, dan kalaupun ada tidak berjalan dengan baik?

Mengembangkan perpustakaan sekolah/ madrasah tidak serta merta seperti “bim salabim abra ka dabra” tetapi membutuhkan proses yang panjang.

Pengelola perpustakaan dalam hal ini kepala perpustakaan memiliki peran yang sangat vital mau dibawa kemana perpustakaan yang dikelolanya. Oleh sebab itu ada beberapa strategi pengembangan perpustakaan:

Pengelola Perpustakaan
Pengelola perpustakaan sekolah/ madrasah sangat dibutuhkan dalam startegi pengembangan perpustakaan. Jika seseorang yang berdedikasi tinggi dan memiliki kemampuan baik manajerial dan pengetahuan di bidang perpustakaan maka perpustakaan bisa berjalan dengan baik meski dalam keterbatasan

Berdasarkan Permendiknas Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/ Madrasah bahwa perpustakaan sekolah/ madrasah memiliki lebih dari satu tenaga perpustakaan yang terdiri dari kepala perpustakaan dan sekurang-kurangnya satu tenaga perpustakaan dengan mempunyai lebih dari enam rombongan belajar (rombel), memiliki koleksi minimal seribu judul maka bisa mengangka tenaga perpustakaan dengan kualifikasi sebagai berikut:

Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Pendidik
Kepala perpustakaan sekolah/madrasah harus memenuhi syarat:
Berkualifikasi serendah-rendahnya diploma empat (D4) atau sarjana (S1);
Memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah;
Masa kerja minimal 3 (tiga) tahun.

Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Tenaga Kependidikan
Kepala perpustakaan sekolah dan madrasah harus memenuhi salah satu syarat berikut:
Berkualifikasi diploma dua (D2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi bagi pustakawan dengan masa kerja minimal 4 tahun; atau
Berkualifikasi diploma dua (D2) non-Ilmu Perpustakaan dan Informasi dengan sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan masa kerja minimal 4 tahun di perpustakaan sekolah/madrasah.

Belum ada Komentar untuk "Kualifikasi Pengelola Perpustakaan Sekolah/ Madrasah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel