Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa

Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca

Semua orang percaya bahwa kegiatan membaca itu sangat susah dilakukan. Tetapi Anda tentu sepakat juga bahwa bukan berarti semuanya tidak bisa dirubah untuk memiliki kebiasaan membaca.

Minat baca pasti ada faktor yang mendorongnya. Crow and Crow (dalam Supriyadi, 1986:75) menyatakan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi minat baca seseorang (pelajar), di antaranya:

1. Kondisi fisik
Kondisi fisik yang baik dan sehat, maka keadaan siswa akan stabil. Hal itulah yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap aktivitas yang ia lakukan, misalnya saja kegiatan membaca buku.

2. Kondisi mental
Apabila mental seseorang sedang “down”, maka siswa tersebut tidak akan merespon dengan baik apa yang akan ia kerjakan, misanya saja membaca buku. Sebaliknya, jika mental pelajar tersebut bagus, maka ia akan merasa senang dan suka untuk melakukan kegiatan membaca.

3. Status emosi
Apabila kondisi emosinya stabil dan baik, maka ia akan senang dan ringan dalam melakukan kegiatan yang ia suka, misalnya kegiatan membaca buku. Namun apabila emosinya sedang labil, maka seorang pelajar tersebut juga enggan bahkan tidak mau untuk melakukan kegiatan apapun, tak terkecuali kegiatan membaca.

4. Lingkungan sosial
Jika lingkungan sosial tempat siswa tinggal adalah lingkungan yang baik, maksudnya lingkungan masyarakat yang suka membaca, maka siswa tersebut secara tidak langsung pun akan mulai suka dengan membaca, padahal sebenarnya tidak hobi membaca.

Demikianlah Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa"