Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sekolah

Sarana dan Prasarana

Semua orang tahu bahwa perpustakaan yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap akan lebih menarik dan menyenangkan daripada yang tidak. Namun faktanya masih banyak perpustakaan kita yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Mestinya pengelola perpustakaan sekolah mendata sarana dan prasarana apa saja yang sudah ada, dan yang dibutuhkan. Dibawah ini sarana dan prasarana yang harus diperhatikan oleh pengelola perpustakaan sekolah:

Pertama, Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan adalah 5 m.

Kedua, Ruang perpustakaan terletak di bagian yang mudah dicapai. Artinya tidak sulit untuk mengunjunginya. Misalnya letak berderetan dengan kantor guru, itu tidak sulit untuk dijangkau.

Ketiga, penyediaan Buku teks pelajaran, 1 eksemplar/ mata pelajaran/ peserta didik, ditambah 2 eksemplar/ mata pelajaran/ madrasah, termasuk buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur/ Bupati/ Walikota, ditambah buku panduan pendidik per guru mata pelajaran, buku pengayaan 60% non-fiksi dan 40% fiksi, buku referensi; kamus besar bahasa Indonesia, kamus bahasa Inggris, ensiklopedi, perundang-undangan, dll.

Keempat, Perabot; rak buku 1 set/ madrasah, rak majalah 1 buah/ madrasah, rak surat kabar 1 buah/ madrasah, meja baca 10 buah/ madrasah, kursi baca 10 buah/ madrasah, kursi kerja 1 buah/ petugas, meja kerja 1 buah/ petugas, lemari katalog 1 buah/ madrasah, lemari 1 buah/ madrasah, papan pengumuman 1 buah/ madrasah, meja multimedia 1 buah/ madrasah, peralatan multimedia 1 set/ madrasah dan perlengkapan lainya.

Sarana dan prasarana seperti diatas sudah sesuai minimal yang disebutkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana. Kulaitas sarana dan prasarana harus kuat, stabil, dan aman. Ukuran harus memadai untuk keperluan penggunaan perpustakaan. Untuk myediakan sarana dan prasaran yang memadai maka perlu melihat dari kuantitas dari masyarakat perpustakaan di madrasah serta kemampuan madrasah tersebut.

Demikianlah 4 Langkah Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sekolah. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Langkah Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sekolah"