Pesantren Kiai Haji Aqil Siroj: Cetak Calon Ulama Salaf Kreatif dan Inovatif

Pesantren Kiai Haji Aqil Siroj: Cetak Calon Ulama Salaf Kreatif dan Inovatif

Pesantren sering dikesankan sebagai lembaga tradisional yang belum banyak bersentuhan dengan inovasi modern. Kesan tersebut akan pudar ketika menyelami keseharian di Pondok Pesantren Kiai Haji Aqil Siroj (KHAS) Cirebon.

Di pesantren keluarga besar Prof Dr KH Said Aqiel Siraj ini, punya misi membekali santri dengan Ilmu Agama khususnya penguasaan terhadap literatur Kitab-Kitab Kuning. Mempersiapkan santri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif yang berwawasan sosial kemasyarakatan. Membentuk pribadi santri yang mampu berperilaku religius membiasakan berpikir yang mencapai diskorveri, inovasi dan kreasi.

Pondok Pesantren Kempek didirikan pada tahun 1908 oleh KH Harun yang jika dirunut garis keturunannya berasal dari Pekalongan. Nama Pesantren Kempek diambil dari nama Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon yang terletak di kota kecil Palimanan, arah barat Kota Cirebon.

Setelah Mbah Harun wafat (23 Maret 1935), pimpinan pesantren dipegang oleh Putra tertua, KH Yusuf Harun. Selanjutnya diteruskan oleh adiknya KH Umar Sholeh Harun dibantu saudara-saudaranya. 

Untuk mengefektifkan penanganan pendidikan, pada 1960 KH Aqiel Siroj, menantu Mbah Harun, mendirikan Majelis Tarbiyatul Mubtadiien (MTM) yang merupakan satu kesatuan sistem Pesantren Kempek yang tak terpisahkan. 

Setelah KH Aqil Siroj wafat 10 Agustus 1990, MTM berkembang menjadi dua kawasan. MTM Al Qodiem Gempol dan MTM Al Jadied Palimanan dipimpin oleh putra tertuanya Buya KH Ja’far Shodiq Aqil Siroj. Dan untuk menauangi MTM ini, beliau bersama adik-adiknya yakni Prof Dr KH Said Aqiel Siraj MA, KH Moh Musthofa Aqiel Siroj (Muballigh-Katib Suriyah PBNU), KH Ahsin Syifa Aqiel Siroj, KH Niamillah Aqiel Siroj, kemudian pada tahun 1995 mendirikan yayasan Kyai Haji Aqil Siroj (KHAS). 

Dalam perkembangan selanjutnya Yayasan tersebut memiliki beberapa unit pendidikan yakni Pengajian Salafi, Muhadlaroh MTM Putra Putri, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP KHAS, Majelis Dirosah Ilmiah Al Ghadier, serta Pondok Pesantren Tsaqofah di Ciganjur Jakarta yang diasuh oleh Prof Dr KH Said Aqiel Siraj MA.

Meski bermisi membuka wawasan, kreatifitas dan inovasi kepada santri, pesantren ini tetap berkonsep tradisional. Pembelajaran Kitab Kuning cukup menonjol dan punya porsi besar. Dengan memadukan inovasi kekinian serta metode pembelajaran yang tradisional, Pesantren KHAS Kempek berharap bisa mencetak calon-calon Ulama Salaf yang kreatif dan inovatif.[]

Sumber: Harian Minggu Pagi, Edisi Minggu III Desember 2018.

Belum ada Komentar untuk "Pesantren Kiai Haji Aqil Siroj: Cetak Calon Ulama Salaf Kreatif dan Inovatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel