Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Penawaran Koleksi Buku-buku Perpustakaan Sekolah


 Perpustakaan memiliki peranan penting dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah baik di tingkat dasar maupun menengah. Bahkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989 disebutkan bahwa setiap sekolah wajib memiliki perpustakaan.

Kenapa setiap sekolah wajib memiliki perpustakaan?

Sebagai salah satu syarat Akreditasi Sekolah. 

Sebagaimana tercantum dalam Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 Badan Akreditasi Nasional yang menuntut agar sekolah memiliki kelengkapan sarana dan prasarana, salah satunya adalah Perpustakaan Sekolah.

Perlunya koleksi buku non-teks (di luar buku mata pelajaran) untuk merealisasikan program  Gerakan Literasi Sekolah.

dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 yang mewajibkan para siswa untuk membaca buku minimal 15 menit sebelum melakukan kegiatan belajar-mengajar di sekolah setiap hari. Sehingga sekolah wajib memiliki Perpustakaan Sekolah untuk menyediakan koleksi buku nonteks bagi guru dan siswa.

Sebagai penunjang proses pembelajaran.

Sekolah memiliki tanggungjawab melahirkan siswa-siswa yang pintar, cerdas, berwawasan luas dan berprestasi. Kehadiran Perpustakaan Sekolah diperlukan agar guru dan siswa mendapatkan sumber pembelajaran yang memadai untuk menambah wawasan dan meraih prestasi mereka.

Mengangkat dan menaikkan rangking dan reputasi sekolah

Dengan berfungsinya Perpustakaan Sekolah sebagaimana mestinya, maka akan akan berdampak positif terhadap kualitas sekolah khususnya siswa, guru dan pengelola sekolah. Beragam pertasi tentu akan mudah didapat. Dengan demikian dapat disimpulkan bawa Perpustakaan Sekolah  menjadi syarat mutlak bagi sekolah untuk menjadi Sekolah Unggulan.

Dan masih banyak alasan lain kenapa setiap sekolah wajib memiliki perpustakaan.


Kenapa koleksi buku Perpustakaan Sekolah wajib beragam?

  • Sebagai syarat Akreditasi Perpustakaan Sekolah, sebagaimana tercantum dalam  Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah yang diterbitkan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI Tahun 2018, yang mewajibkan adanya koleksi buku yang beragam, mulai dari buku fiksi dan nonfiksi, buku referensi (kamus, ensiklopedia), dan lain-lain.
  • Memenuhi tuntutan minat baca siswa dan guru yang beragam. Karena setiap siswa dan guru memiliki ketertarikan yang berbeda satu sama lain, ada yang suka buku novel, cerpen, referensi, dan sebagainya.
  • Membangun budaya membaca bagi siswa dan guru. Karena dengan koleksi perpustakaan sekolah yang beragam dan tidak terbatas, maka siswa dan guru tidak akan pernah bosan untuk selalu membaca buku-buku yang ada. Selesai satu buku, masih ada judul buku lainnya yang bisa mereka baca. Dengan budaya baca yang baik, maka siswa dan guru akan pintar dan berprestasi, sehingga mampu mengangkat sekolah menjadi Sekolah Unggulan.


Darimana dana untuk operasional dan belanja koleksi buku Perpustakaan Sekolah?

  • Memakai Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sebagaimana tercantum dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2021 tentang Juknis Pengelolaan Dana BOS Reguler, yang mewajibkan agar sekolah menggunakan Dana BOS salah satunya untuk Pengembangan Perpustakaan.
  • Memakai Dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) yang dikeluarkan dan diatur oleh Pemerintah Daerah, yang salah satunya wajib dibelanjakan untuk mengembangkan Perpustakaan dan Literasi sekolah.
  • Memakai Dana CSR Perusahaan. Sekolah bisa mengajukan proposal permohonan bantuan dana CSR untuk kebutuhan belanja koleksi buku perpustakaan kepada perusahaan-perusahaan tertentu di wilayah kota/kabupaten tempat sekolah tersebut berada. Karena pada umumnya setiap perusahaan memiliki Dana CSR yang memang khusus disumbangkan ke lembaga-lembaga kemasyarakatan, termasuk lembaga pendidikan atau sekolah.
  • Memakai Dana Swadaya Warga Sekolah atau Orangtua Siswa. Guna menunjang prestasi anaknya, tentu orangtua siswa dengan tingkat ekonomi menengah ke atas tidak akan keberatan menyumbangkan dana untuk kebutuhan belanja koleksi buku Perpustakaan Sekolah. Demikian pula dengan guru dan warga sekolah lainnya, bisa bergotong royong untuk biaya belanja perpustakaan. Contoh kecil yang sudah diterapkan oleh beberapa sekolah adalah, setiap siswa yang lulus, diminta untuk menyumbangkan minimal 1 buku untuk koleksi perpustakaan sekolah.


Bagaimana dan dimana Bapak/Ibu pengelola perpustakaan sekolah hendak memperoleh dan membeli koleksi buku-buku perpustakaan terbaik ?


Bapak/ibu pengelola perpustakaan sekolah dapat menunjuk kami sebagai mitra dalam menyediakan koleksi buku-buku perpustakaan. Kami akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi semua mitra relasi kami. Agar terus dipercaya menjadi mitra terbaik bagi perpustakaan dalam proses pengadaan koleksi buku, maka kami terus menggenjot kinerja kami serta meningkatkan mutu layanan dalam hal:

Memberikan Cashback Maksimal

Untuk pelanggan setia kami, kami selalu memberikan CASHBACK TERBAIK dalam setiap transaksi pembelian. Semakin banyak nominal pembelian, tentu kami akan memberikan cashback maksimal kepada pelanggan.

Menyediakan Buku Original dan Terbitan serta Cetakan Terbaru

Demi memerangi aksi pembajakan buku yang kian hari kian brutal, kami selaku Distributor Buku yang menjunjung tinggi Hak Kekayaan Intelektual, tidak bersedia menjual dan menyediakan buku-buku bajakan. Buku-buku yang kami tawarkanpun adalah buku-buku terbitan dan cetakan terbaru resmi dari penerbit buku dan ber-ISBN.

Memberikan Banyak Pilihan Judul

Kami menawarkan ribuan judul buku dan puluhan jenis kategori buku. Dengan demikian dapat memenuhi kebutuhan koleksi perpustakaan yang beragam.

Membantu Teknis Perancangan Kebutuhan Koleksi dan Penyesuaian Anggaran

Kami telah menyusun ribuan buku dalam kategori sesuai peruntukan. Dengan demikian, kami berharap akan sangat memudahkan pelanggan dalam melakukan penyusunan anggaran kebutuhan atau RAB. Jika dibutuhkan, kamipun dengan senang hati bersedia membantu pelanggan dalam proses penyusunan kebutuhan koleksi perpustakaan.

Mengemas Buku dengan Aman Agar Selamat Sampai Tujuan.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat proses pengiriman, kami akan mengemas paket buku serapi dan seaman mungkin. Kami kemas dalam kardus tebal yang kokoh serta kami lapisi dengan wrapping plastik serta dikemas dalam karung.

Membantu Memberikan Alternatif Pilihan Ekspedisi Pengiriman

Kami telah bekerjasama dengan pihak ekspedisi terpercaya yang bisa mengantarkan buku ke pelosok Nusantara dengan harga kompetitif. Pelanggan bebas menentukan pilihan ekspedisi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Segera hubungi kami untuk memperoleh katalog buku lengkap via WA di nomor berikut:

085228131142 – Nazaruddin Ali



Posting Komentar untuk "Penawaran Koleksi Buku-buku Perpustakaan Sekolah"